Cara Cangkok Susu Jambu Air Citra Sudah Terbukti Berhasil

Anda ingin memiliki pohon buah jambu citra yang cepat berbuah dan pohonnya memiliki akar yang bagus? Jika iya anda bisa simak artikel Cara cangkok susu jambu air citra ini sampai selesai.

Sobat tentunya sudah tahu kan jambu air citra itu yang bagaimana? Jambu air citra ini jambu air yang buahnya rasanya manis segar, warna buahnya merah merona dan jika dimakan renyah, benar benar sempurna bagi penikmat jambu air.

Cara Cangkok Susu Jambu Air Citra

Kembali ke topik artikel ini yaitu cara cangkok susu jambu air citra. O iya, perlu sobat ketahui ya, cangkok susu berbeda lho dengan cangkok biasa.

Biar pembahasan cara cangkok susu jambu air ini lebih mudah untuk dipahami, kami sediakan daftar isi berikut ini:

Daftar Isi Artikel:

Alat Dan Bahan Cara Cangkok Susu Jambu Air Citra

Alat dan bahan yang perlu disediakan dalam cangkok susu jambu air citra sangatlah sederhana, apa saja alat dan bahan yang diperlukan? Selengkapnya silahkan simak berikut ini:

  1. Pisau usahakan yang tajam
  2. Tali secukupnya, bisa gunakan tali rafia
  3. Lidi cuku satu saja (bisa juga gunakan tusuk sate)
  4. Plastik PE dengan ketebalan 0,2
  5. Plastik PE dengan ketebalan 0,5
  6. Cocopeat secukupnya
  7. Akar bantu sesuai kebutuhan (dalam artikel ini saya gunakan 3 buah)

Dari ketuju alat dan bahan yang digunakan di atas, adakah yang belum paham? Baik biar lebih jelas, saya terangkan dulu fungsi dari alat dan bahan di atas.

Pertama Pisau, pisau berfungsi untuk mengerat dan membuat sayatan pohon jambu yang akan kita cangkok susu dan mengiris akar bantu yang akan kita tempelkan pada pohon jambu yang kita cangkok susu.

Yang kedua Tali, tali ini fungsinya untuk mengikat plastik pembungkus media dengan batang jambu yang kita cangkok susu, bebas tali apa yang akan kita gunakan, dalam artikel ini tali yang digunakan adalah tali rafia.

Yang ketiga Lidi, lidi atau bisa juga tusuk sate ini fungsinya untuk menusuk plastik pembungkus media cangkok agar kita lebih mudah dalam membungkus batang yang kita cangkok susu dengan plastik.

Yang keempat Plastik PE 0,2, plastik ini fungsinya untuk membalut akar bantu dengan batang yang kita cangkok susu agar bisa nempel sempurna. Plastik PE 0,2 ini sifatnya lentur bisa juga untuk tali.

Yang kelima Plastik PE 0,5, plastik ini fungsinya membungkus media cangkok dengan batang yang kita kerat dan akar bantu yang kita tempelkan.

Yang keenam Cocopeat (kokopit), cocopeat ini berasal dari serabut kelapa yang dihaluskan menjadi serbuk. Kokopit menjadi media cangkok susu yang favorit bagi kami karena kokopit memiliki keunggulan dibanding media lainnya.

Keunggulan cocopeat sebagai media cangkok susu yaitu karena sangat praktis, karena cocopeat ini bisa menyiman air dalam waktu yang lama sehingga kita tidak perlu menyiram cangkokan.

Namun, jika anda menggunakan cocopeat sebagai media cangkok biasa atau cangkok susu anda harus memperhatikan 2 hal penting.

Pertama, Pastikan cocopeat tidak terlalu basah saat anda memakai untuk media cangkok, kondisi cocopeat yang baik yaitu saat anda pegang rasanya dingin namun ketika diperas tidak mengeluarkan air. Yang kedua, anda harus menetralkan cocopeat terlebih dahulu, karena cocopeat mengandung zat tanin yang berbahaya untuk tanaman, bagaimana cara menetrakannya silahkan simak video dibawah ini:

Yang ketujuh Akar bantu, akar bantu ini berasal dari tanaman jambu air yang kita tanam dari biji. Jumlah akar bantu yang digunakan sesuai kebutuhan bisa gunakan 2, gunakan 3 dan seterusnya, semakin besar batang yang akan dicangkok maka bisa gunakan akar bantu yang lebih banyak.

Langkah-Langkah Cara Cangkok Susu Jambu Air

Baik, sekarang saatnya kita mulai langkah demi langkah dalam cangkok susu jambu air citra, ada 8 langkah yang akan kita lakukan dalam cangkok susu agar berhasil dengan baik, selengkapnya sebagai berikut:

  1. Keratlah dan bersihkan kambium batang jambu yang akan dicangkok susu
  2. Persiapkan Akar Bantu yang akan digunakan
  3. Buatlah 3 sayatan percis di atas batang pohon jambu yang sudah dikerat
  4. Irislah ketiga akar bantu satu persatu dengan posisi miring agar akar bantu bisa nempel sempurna pada sayatan batang jambu air
  5. Ikat bagian tengah batang jambu yang sudah disayat, lalu masukan akar bantu yang sudah diiris ke dalam ikatan sehingga akar bantu menempel pada batang yang telah disayat.
  6. Balut akar bantu dengan plastic PE 0,2 dengan teknik genting.
  7. Bungkus batang jambu yang sudah dikerat dan akar bantu yang sudah ditempelkan dengan media cocopeat dengan plastic PE 0,5, jangan lupa ikat dengan kencang media dengan batang jambunya agar tidak mudah goyang.
  8. Tunggu sekitar 2 bulan untuk panen hasilnya.

Simak juga: Cara Cangkok Susu Pohon Mangga yang Benar

Penjelasan Cangkok Susu Jambu Air Citra Langkah demi Langkah

Langkah pertama dalam congkok susu yaitu mengerat batang yang akan dicangkok susu sekitar 5-10 cm, Hal ini sama saja dengan pengeratan pada cangkok biasa.

Jangan lupa ya, setelah dikerat melingkar maka anda bersihkan kambiumnya, anda bisa membersihkan kambium dengan pisau pada bagian pisau yang tajam bisa juga dengan bagian pisau yang tumpul.

pengeratan batang yang akan dicangkok susu

Ciri kalau kambium sudah bersih yaitu apabila batang yang sudah dikerat terasa kesat tidak licin.

Jadi, anda bisa mengecek batang yang anda kerat sudah kesat atau masih licin, kalau sudah kesat maka itu tandanya kambium sudah bersih.

Langkah kedua dalam cangkok susu yaitu kita persiapkan akar bantu yang akan kita tempelkan pada batang yang akan dicangkok susu.

Akar bantu yang akan digunakan berasal dari tanaman jambu air hasil tanam dari biji.

Karena yang akan dicangkok susu adalah tanaman jambu air, maka akar bantunya juga dari tanaman jambu air, jadi sejenis ya teman-teman.

Berapa akar bantu yang dibutuhkan?

Kita bebas menentukan jumlah akar bantu yang akan digunakan, kalau sekarang saya akan menggunakan 3 akar bantu.

O iya, sebelum digunakan akar bantu harus dibersihkan ya teman-teman, gunting semua akar serabut pada akar bantu, ini bertujuan agar akar akar baru cepat tumbuh, setelah akar serabut dibersihkan kita bilas akar bantu dengan air bersih.

persiapan akar bantu untuk cangkok susu

Setelah akar bantu siap untuk digunakan,langkah berikutnya dalam cangkok susu yaitu kita sayat kulit batang yang akan dicangkok susu tepat diatas keratan yang telah kita buat.

buatlah sayatan yang jumlahnya sesuai dengan jumlahh akar bantu yang akan ditempelkan. sekarang saya buat 3 sayatan karena saya akan menempelkan 3 akar bantu. Kita sayat kulit luar batang jambu hingga kena kayunya sedikit ya teman-teman.

buat sayatan diatas keratan batang yang akan dicangkok susu

Dalam penyayatan usahakan kita kondisikan supaya akar bantu bisa menempel sempurna dengan sayatan tersebut.

Setelah kita buat sayatan pada batang jambu, selanjutnya kita bisa ikat batang posisi tengah yang telah kita sayat, tujuannya untuk menempelkan akar bantuk yang telah diiris nantinya.

Sekarang kita iris akar bantu serong atau miring dengan panjang irisan menyesuaikan sayatan yang telah kita buat di batang jambu.

jika sudah diiris akar bantunya, maka selanjutnya tempelkan akar bantu ke batang jambu yang telah disayat.

menempelkan akar bantu pada sayatan batang yang akan dicangkok susu

Nah, sekarang akar bantu telah ditempelkan dibatang jambu, namun belum kencang.

Selanjutnya, agar akar bantu semakin kencang menempelnya, maka kita balut dengan plastik PE atau plastik okulasi, ini plastiknya lentur bisa ditarik memanjang dan sangat pas untuk membalut akar bantu dengan batang jambu ini.

Membalut akar bantu dengan batang yang akan dicangkok susu

Kita balut yang kencang dari tengah kebawah lalu ke atas dengan teknik genting tumpang tindih plastinya jadi air tidak bisa masuk. Setelah sampai atas lalu ikat.

Nah, sekarang saatnya membungkus dengan media cangkok susu, untuk media saya menggunakan cocopeat.

Selain cocopeat bisa juga menggunakan media tanah, namun saya lebih suka menggunakan cocopeat karena jika kita menggunakan cocopeat kita tidak perlu pusing menyiram cangkokan, hal ini karena cocopeat lebih baik dalam menyimpan air dibanding media tanah sehingga kelembaban media cangkok dengan cocopeat ini bisa tahan hingga cangkokan siap panen.

Namun, jika anda ingin menggunakan cocopeat untuk media cangkok susu atau cangkok biasa, anda harus menetralkan cocopeatnya dulu, karena cocopeat mengandung tanin atau zat racun bagi tanaman.

Selanjutnya proses pembungkusan, setelah kita siapkan plastik pembungkusnya, kita tusukan lidi sebagai alat bantu untuk membungkus.

persiapan pembungkusan dengan media cangkok susu

Selanjutnya, kita ikat plastik pembungkus bagian bawah dengan kencang.

mengikat plastik bagian bawah untuk membungkus media cangkok

Setelah bagian bawah terikat, kita masukan cocopeat kedalam plastik pembungkus hingga memenuhi bagian yang dikerat dan akar bantu bagian bawah.

Pengisian cocopeat jangan sampai menunupi akar bantu bagian atas ya, cukup sampai akar bantu bagian bawah saja.

mengisi cocopeat sebagai media cangkok susu

Setelah cocopeat terisi, kita padatkan kemudian ikat bagian atas.

Ikat lagi bagian tengah 2 ikatan agar media menempel kencang pada batang dan tidak mudah goyang.

mengikat media cangkok susu dengan batang yang telah dikerat

Setelah selesai diikat, kita bisa rapihkan,

potong tali yang tak terpakai.

potong plastik yang tak terpakai.

dan yang terakhir dan penting, kita balut pembungkus bagian atas dengan plastik PE dengan teknik genting agar air hujan tidak masuk ke media cocopeat.

Kalau air hujan masuk ini bahaya, karena cocopeat akan basah dan cangkokan bisa gagal.

Nah, demikian proses Cara Cangkok Susu Jambu Air Citra, mudah mudahan bisa dipahami ya, untuk hasil cangkok susu ini bisa kita lihat sekitar paling cepatnya 1 bulan setengah atau 45 hari, bisa juga sampai 2 bulan, tergantung kondisi, jika cangkokan anda terkena sinar matahari full dan cuacanya panas bisa lebih cepat.

Biar, anda semakin paham, anda bisa tonton videonya berikut ini:

Faktor Kegagalan Cangkok susu Jambu Air

Seringkali ada keluhan tentang kegagalam dalam caongkok susu jambu air, apa saja yang menyebabkan kegagalan cangkok susu jambu air, kurang lebih ada 5 hal penyebabnya:

  1. Akar bantu tidak menempel sempurna pada batang jambu yang disayat.
  2. Cocopeat yang digunakan terlalu basah.
  3. Cocopeat belum dinetralkan sehingga masih mengandung zat tannin (bersifat racun bagi tanaman)
  4. Adanya air hujan yang masuk ke media cocopeat sehingga cocopeatnya menjadi basah.
  5. Balutan plastic PE 0,2 yang digunakan untuk membalut akar bantu dengan batang jambu yang disayat tidak rapat sehingga memungkinkan air hujan masuk kedalamnya.

Perbedaan Cangkok Susu dengan Cangkok Biasa

Cangkok susu berbeda dengan cangkok biasa, Setidaknya ada 5 perbedaannya, selengkapnya sebagai berikut:

  1. Cangkok susu selain mengerat dan membersihkan Kambium batang yang akan kita cangkok kita juga menggunakan akar bantu, sedangkan pada cangkok biasa tidak menggunakan akar bantu.
  2. Pohon hasil cangkok susu mempunyai perakaran yang lebih kokoh dibanding cangkok biasa.
  3. Pohon hasil cangkok susu lebih cepat adaptasi dibanding pohon hasil cangkok biasa.
  4. Resiko kematian setelah cangkokan dipanen pada hasil cangkok susu lebih kecil dibanding cangkok biasa.
  5. Pohon hasil cangkok susu lebih cepat berbuah jika dibanding hasil cangkok biasa.

Kesimpulan

Cangkok susu jambu air bisa menjadi sulusi terbaik untuk perbanyakan bibit jambu air yang berkualitas, yaitu memiliki system perakaran yang kokoh dan bisa berbuah lebih cepat baik didalam pot maupun dikebun.

Cara cangkok susu jambu air dilakukan dengan mengerat batang jambu air yang akan dicangkok, membersihkan kambiumya, kemudian dilanjutkan dengan menempelkan akar bantu ke batang jambu yang telah disayat tepat diatas keratan yang dibuat sedemikian rupa dan membungkusnya dengan media cocopeat atau media lainnya.

Faktor utama yang sering menyebaban cangkok susu gaga adalah media cocopeat yang terlalu basah dan akar bantu yang tidak menempel sempurna pada batang jambu.

Demikian sobat pembahasan artikel cara cangkok susu jambu air citra website Pakebun semoga anda terinspirasi dan termotivasi untuk melakukan cangkok susu dengan teknik yang benar seperti yang telah kami terangkan dalam artikel ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *