Cara Cangkok Susu Pohon Mangga 100% Berhasil

Mau punya tanaman mangga yang cepat berbuah dan perakaran yang kuat? Jika iya, maka anda bisa lakukan cangkok susu. Cara cangkok susu pohon mangga bisa jadi solusi bagi anda yang mau memiliki tabumpot pohon manga dengan buah yang banyak meski tanaman ditanam dalam pot.

cara cangkok susu pohon mangga

Untuk melakukan cangkok susu manga harus benar-benar diperhatikan langah-langkahnya, hal ini karena tidak sedikit orang yang melakukan cangkok susu namun mengalami kegagalan.

Nah, dalam artikel ini kami infokan langkah demi langkah cara cangkok susu pohon mangga yang bisa diikuti oleh anda yang baru pertama kali melakukannya atau anda yang sudah pernah melakukan cangkok susu namun usaha anda belum berhasil.

Daftar Isi Artikel:

  1. Alat Dan Bahan Cangkok Susu Pohon Mangga
  2. Langkah-Langkah Cara Cangkok Susu Pohon Mangga
  3. Faktor Kegagalan Cangkok susu Mangga
  4. Kelebihan Cangkok Susu Dibanding Cangkok Biasa
  5. Kesimpulan

Alat Dan Bahan Cangkok Susu Pohon Mangga

Sebelum anda melakukan cangkok susu pohon mangga maka anda persiapkan dulu alat dan bahannya. Adapun alat dan bahan yang digunakan dalam cangkok susu mangga adalah sebagai berikut:

  • Pisau yang tajam
  • Lidi cuku satu saja
  • Tali Rafia secukupnya
  • Plastik PE dengan ketebalan 0,2
  • Plastik PE dengan ketebalan 0,5
  • Cocopit sebagai media tanam
  • Akar bantu 3 buah atau lebih tergantung besar pohon yang akan dicangkok susu

Saya jelaskan dulu tentang kegunaan alat dan bahan di atas, yang pertama pisau. Pisau digunakan untuk menyayat pohon mangga yang akan dicangkok susu, pastikan pisau yang digunakan tajam agar sayatan yang dihasilkan halus.

Lidi digunakan untuk membantu merapikan saat akan membungkus media dengan plastic PE 0,5. Jadi lidi nanti ditusukan ke plastic pembungkusnya agar plastic bisa membungkus media dengan rapih.

Tali rapia digunakan untuk mengikat akar bantu agar menempel pada sayatan pohon mangga, selain itu juga untuk mengikat palstik pembungkus pada bagian atas, bawah dan tengah media cangkok.

Plastik PE 0,2 digunakan untuk membalut akar bantu yang telah diikat pada sayatan pohon mangga secara rapat. Balutan plastic PE ini berfungsi untuk menghalangi masuknya air hujan ke dalam sayatan pohon mangga yang telah ditempelkan akar bantu.

Plastik PE 0,5 digunakan untuk membungkus media kokopit pada cangkokan, anda juga bisa gunakan jenis plastic kresek untuk membungkusnya.

Cocopit atau serabut kelapa yang sudah dihaluskan digunakan sebagai media pengganti tanah, keunggulan menggukan cocopit adalah anda tidak perlu menyiram cangkokan karena kokopit ini mengandung air yang cukup sampai cangkokan siap dipanen.

Perlu diingat, bahwa saat digunakan cocopeat jangan terlalu basah, cocopeat yang baik adalah saat dipegang terasa dingin namun ketika diperas tidak mengeluarkan air.

Akar bantu, ini adalah akar dari pohon mangga yang ditanam dari biji, anda bisa menggunakan 3 buah akar bantu. Namun jika pohon yang akan anda cangkok susu besar maka bisa gunakan lebih dari 3 sesuai kebutuhan.

Langkah-Langkah Cara Cangkok Susu Pohon Mangga

Setelah semua alat dan bahan tersedia, maka anda bisa mulai melakukan cangkok susu tanaman mangga. Silahkan anda ikuti langkah langkah cangkok susu mangga berikut ini dengan baik agar berhasil:

  1. Buat keratan pada batang pohon mangga
  2. Buat 3 sayatan batang pohon mangga di atas keratan yang sudah dibuat
  3. Irislah akar bantu dengan posisi miring agar akar bantu bisa nempel sempurna pada sayatan batang pohon mangga
  4. Ikat akar bantu batang yang telah disayat dengan tali rapia
  5. Balut akar bantu dengan plastic PE 0,2
  6. Bungkus batang pohon mangga yang telah dikerat dan yang telah ditempel akar bantu dengan cocopi dan plastic PE 0,5
  7. Tunggu sekitar 2 bulan untuk panen atau potong cangkokan.

Baca juga Artikel : Cara Cangkok susu Jambu Air Citra Langkah demi Langkah

Penjelasan Proses Cangkok Susu Pohon Mangga

Dalam melakukan cangkok susu pohon mangga yang pertama anda lakukan yaitu membuat keratan pada batang pohon mangga yang akan dicangkok susu, caranya sama dengan ketika anda melakukan cangkok biasa (bukan cangkok susu) yaitu anda kerat kulit batang pohon mangga dan pastikan kambiumnya bersih.

Yang kedua yaitu membuat sayatan di atas keratan yang telah dibuat dilangkah pertama, jumlah sayatan yang dibuat disesuaikan dengan jumlah akar bantu yang digunakan.

Jadi, apabila akar bantunya ada 3 buah maka sayatan yang dibuat adalah 3 sayatan. Cara menyayatnya adalah sayat bagian kulit batang sampai bagian kayu dari batangnya terkena sayat. Nantinya, akar bantu ditempelkan pada bagian kayu dari batang yang disayat tersebut.

Ketiga, irislah akar bantu sedemikian rupa agar bisa menempel sempurna dengan bagian kayu yang disayat pada langkah kedua. Usahakan irisan dapat menempel semperna tanpa adanya rongga diantara akar bantu dan batang yang disayat.

Keempat, setelah anda yakin irisan akar bantu bisa menempel dengan batang pohon mangga yang disayat, maka sekarang ikatlah dengan kuat dengan tali rapia.

Kelima, balutlah akar bantu dan sayatan batang yang telah diikat dengan tali rapia pada langkah keempat. Fungsi pembalutan ini adalah untuk menghindari masuknya air hujan atau semut masuk ke dalam sayatan, jadi pastikan anda membalutnya dengan rapat.

Keenam, adalah bagian pembungkusan. Kita siapkan kokopit dan plastic pembungkusnya. Pertama anda sesuaikan antara lebar plastic pembungkus dengan batang mangga yang akan dibungkus, kemudian tusukan lidi ke plastic agar plastic bisa menyatu dan siap membungkus batang cangkokan.

Ikatlah bagian bawah plastic pembungkus dengan talli rapia, dan masukan kokopit ke dalamnya hingga memenuhi sluruh ruang dalam pembungkusnya.

Setelah yakin cocopit sudah memuhi seluruh ruang, selanjutnya cabut lidi yang digunakan untuk membantu pembungkusan tadi, sekarang plastic pembungkus bagian atas bisa diikat dengan tali rapia.

Agar media cocopit yang sudah dibungkus tidak goyang maka kita ikat bagian tengah pembungkus dengan kuat.

Alhamdulillah proses cangkok susu pohon mangga selesai, sekarang anda tinggal menunggu sampai cangkokan keluar akar dan siap untuk dipanen, diperkirakan sekitar 2 bulan sampai 3 bulan. Tergantung kondisi matahari, jika anda mencangkok pada daerah yang terkena sinar matahari full maka masa panennya akan lebih cepat disbanding anda mencangkok didaerah redup.

Faktor Kegagalan Cangkok susu Mangga

Sebenarnya apabila anda melakukan langkah-langkah cangkok susu mangga seperti yang telah dijelaskan di atas maka anda akan berhasil. Adapun kegagalan dalam cangkok susu mangga disebabkan oleh berberapa faktor. Faktor kegagalan dalam cangkok susu pohon mangga adalah sebagai berikut:

  1. Irisan Akar bantu tidak menempel sempurna dengan Sayatan batang Mangga
  2. Cocopeat terlalu basah yang mengakibatkan akar busuk.
  3. Adanya air hujan yang menembus plastik pembungkus media (karena kurang rapat) sehingga Cocopeatnya basah
  4. Balutan plastic PE 0,2 yang membalut irisan akar bantu dan sayatan batang mangga tidak rapat sehingga air hujan dapat masuk.

Kelebihan Cangkok Susu Dibanding Cangkok Biasa

Apa kelebihan cangkok susu mangga dibanding cangkok biasa? Mungkin sebagaian anda bertanya demikian. Nah, cangkok susu memiliki beberapa kelebihan jika dibandingkan dengan cangkok biasa, adapun kelebihannya yaitu sebagai berikut:

  1. Pohon hasil cangkok susu lebih cepat berbuah
  2. Pohon hasil cangkok susu memiliki perakaran yang lebih kuat
  3. Pohon hasil cangkok susu lebih cepat adaptasi
  4. Resiko mati setelah panen lebih kecil

Kesimpulan

Cangkok susu merupakan salah satu cara perbanyakan bibit yang dapat dilakukan dengan tujuan untuk mendapatkan bibit yang mampu berbuah dengan cepat dan memiliki system perakaran yang kuat.

Cara cangkok susu dilakukan dengan menggunakan akar bantu yang ditempelkan ke sayatan batang pohon yang akan dicangkok, kemudian bagian bawah sayatan batang tersebut yang terakhir diberi media pada hasil keratan batang dan akar bantu yang telah ditempelkan.

Faktor yang menyebabkan cangkok susu mangga gagal diantaranya adalah tidak menempelnya irisan akar bantu dengan sayatan batang, selain itu kondisi cocopeat yang terlalu basah.

Congkok susu memiliki kelebihan dibandingkan cangkok biasa, diantaranya yaitu pohon hasil cangkok susu lebih cepat berbuah dan memiliki akar yang lebih kuat.

Demikian pembahasan cara cangkok susu pohon mangga dalam situs pakebun.id semoga setelah anda membaca artikel ini sekarang anda sudah siap untuk mempraktikan cangkok susu pada pohon mangga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *